Posted by: Albi Samjaya | March 24, 2012

Eksperimen Ganzfeld

Sebuah percobaan Ganzfeld berasal dari bahasa Jerman yang artinya “seluruh bidang” adalah teknik yang digunakan dalam bidang parapsikologi untuk menguji kemampuan persepsi ekstra-indrawi (ESP) individu. Menggunakan stimulasi sensorik homogen dan tidak berpola untuk menghasilkan efek yang mirip dengan pengurangan indera. Pengurangan masukan sensorik bermotif dikatakan kondusif untuk menghasilkan impresi. Teknik ini ditemukan oleh Wolfgang Metzger pada 1930-an sebagai bagian penyelidikan teori gestalt.

Parapsikolog seperti Dean Radin dan Daryl Bem mengatakan bahwa percobaan Ganzfeld telah menghasilkan hasil yang menyimpang dari keacakan pada tingkat yang signifikan, dan bahwa hasil ini menyajikan beberapa bukti kuantitatif terkuat bagi telepati sampai saat ini. Kritikus seperti Susan Blackmore dan Ray Hyman mengatakan bahwa hasil tidak dapat disimpulkan dan dibedakan dari hasil yang nihil.

Percobaan Ganzfeld adalah yang paling baru dalam dunia parapsikologi untuk menguji keberadaan dan faktor yang mempengaruhi telepati yang didefinisikan dalam parapsikologi sebagai perolehan informasi paranormal tentang pikiran, perasaan atau kegiatan orang lain. Pada awal 1970-an, Charles Honorton telah menyelidiki ESP dan mimpi di Pusat Medis Maimonides dan mulai menggunakan teknik Ganzfeld sebagai cara yang lebih efisien untuk mencapai keadaan deprivasi sensorik di mana ia membuat hipotesis bahwa psi dapat bekerja. Sejak percobaan pertama yang diterbitkan oleh Honorton dan Sharon Harper dalam Journal of American Society for Psychical Research pada tahun 1974, Ganzfeld tetap menjadi andalan riset parapsikologi.

Dalam sebuah percobaan Ganzfeld tertentu, “penerima” ditempatkan di ruang santai di kursi yang nyaman dengan mata ditutup bola ping-pong yang dibelah dua dan diselotip, kemudian memaparkan lampu merah bersinar pada mereka. Penerima juga memakai satu set headphone di mana white noise atau pink noise dimainkan (keduanya adalah gelombang statis). Penerima dalam keadaan dikurangi faktor sensoriknya selama setengah jam. Selama waktu ini sebuah “pengirim” mengamati target dipilih secara acak dan mencoba secara mental mengirimkan informasi ini ke penerima. Penerima berbicara keras-keras selama tiga puluh menit, menggambarkan apa yang dia dapat melihat. Ini dicatat oleh eksperimen (yang buta terhadap target) baik dengan merekam ke kaset atau dengan mengambil catatan, dan digunakan untuk membantu penerima selama prosedur penjurian.

Pada prosedur menilai, penerima dikeluarkan dari keadaan Ganzfeld dan diberikan kepada beberapa kemungkinan target, dimana mereka harus memutuskan mana yang paling mirip dengan gambar yang mereka saksikan. Paling umumnya ada tiga umpan bersama dengan salinan dari target itu sendiri, akurasi diharapkan dari keseluruhan percobaan adalah 25% dari puluhan percobaan.

Berikut adalah cara untuk melakukan Eksperimen Ganzfeld :

Pertama-tama siapkan bahan-bahan berikut :
– bola ping-pong berwarna putih (dibelah dua dan diselotip agar tidak jatuh dari mata)
– cahaya merah terang, bisa berasal dari bohlam merah atau lampo neon yang dibalut kertas krap merah
– sarung tangan untuk menutup sensor peraba
– headset dan sumber suara pemancar gelombang statis, bisa dari mp3 player atau radio yang distel pada sinyal kosong
– tempat untuk relaksasi diri

Langkah-langkah eksperimen :
– pertama pastikan anda diruangan yang tenang dan tidak ada rangsang sensor yang kuat, serta memperkecil kemungkinan adanya gangguan
– Nyalakan radio pada gelombang statis atau nyalakan noise yang dapat anda temukan di internet (white noise, pink noise, dan brown noise)
– kenakan sarung tangan
– tutupi mata anda dengan bola pingpong yang sudah dibelah dan selotip bola pingpong agar tidak jatuh saat eksperimen berlangsung
– nyalakan lampu merah dan sorotkan cahayanya pada mata anda
– duduk santai, atur nafas, dan relaksasikan diri seperti dalam keadaan meditasi
– tatap terus cahaya merah tersebut dan konsentrasi pada suara noise
– Perlahan-lahan badan akan terasa seperti melayang, dan pandangan menjadi kabur, bahkan anda akan mulai mendengar suara-suara aneh didalam pikiran anda
– Setelah mata anda mulai berat, dan perlahan menutup rasakan sensasinya

Administrator tidak bertanggung jawab atas resiko yang mungkin terjadi :
– Munculnya Illusi dan Halusinasi
– Ketagihan untuk mencobanya lagi😄

Sumber :
http://en.wikipedia.org/wiki/Ganzfeld_experiment
http://en.wikipedia.org/wiki/Ganzfeld_effect
http://mindmodifications.com/2008/02/09/ganzfeld-effect/


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: