Posted by: Albi Samjaya | March 24, 2012

Silent Hill : Shattered Memories – Game with Psychological Warning

Mungkin bagi para gamer yang suka game bergenre horror pasti sudah mengetahui game Silent Hill : Shattered Memories ini.
Silent Hill: Shattered Memories adalah seri ketujuh dalam game Silent Hill. Silent Hill: Shattered Memories dapat dimainkan pada konsol Wii, PlayStation 2 dan PlayStation Portable, game ini dikembangkan oleh Climax Studios dan diterbitkan oleh Konami. Menurut produser Tomm Hulett, “Ini bukan remake atau lanjutan dari versi sebelumnya. Itu perbedaan yang penting. Ini benar-benar terasa seperti permainan baru.”

Subjudul Shattered Memories mengacu pada memecahkan dan menyusun kembali kenangan. Memasukkan pengalaman pemain dari kehidupan sehari-hari, dan bagaimana protagonis, Harry Mason, memiliki “kenangan hancur” dari kejadian yang menyebabkan kecelakaan mobilnya. Pada jalannya permainan akan ada bagian dimana anda diminta mengisi kuisioner dan jawaban anda akan mempengaruhi aspek dalam game. Seperti pada suatu kuisioner anda akan diminta mengisi kuisioner tentang kehidupan pribadi anda, dan itu menentukan akankah suasana suatu ruangan pada game itu terlihat seperti biasa atau mengerikan dan dipenuhi darah.

Plot

Psikiater Michael Kaufmann sedang mempersiapkan diri untuk menerima pasien baru. Ia menuangkan segelas wiski dan resepsionis berkata kepadanya bahwa pasien baru telah tiba lebih awal; Dr Kaufmann berkata itu tidak apa-apa, dan mengatakan padanya bahwa konsultasi dapat dimulai.
Sementara itu Harry Mason, protagonis dari permainan ini telah kehilangan kendali atas mobilnya di jalan yang tertutup es dan menabrak tanggul bersalju di tempat barang rongsokan di kota Silent Hill. Setelah keluar dari kecelakaan itu, Harry menyadari bahwa putrinya Cheryl telah hilang, ia menetapkan untuk mencarinya. Ia mencari disepanjang jalanan di Silent Hill. Harry tiba di Diner 52 atau bar Good Ol’ Days tergantung dengan jawaban kuisioner yang kamu jawab sebelumnya, di mana ia bertemu Cybil Bennett (di Diner 52) atau Pembantu Bar (bar Good Ol’ Days). Selama percakapan dengan salah satu dari mereka Harry menyadari bahwa ia telah menderita amnesia, ia mengingat bahwa ia tinggal di Silent Hill pada 1206 Levin Street dengan Cheryl. Harry kemudian menerima panggilan telepon dari rumah, meskipun ia tidak bisa mendengar apa pun kecuali gelombang statis, dan menyimpulkan bahwa Cheryl ada di rumah sedang menunggunya.

Dalam perjalanan ke rumahnya Harry menerima telepon lain, ia dapat mendengar itu Cheryl dan suara orang lain. Ini menunjukkan bahwa Cheryl sedang bersama orang lain dan mungkin dalam bahaya. Segera setelah panggilan berakhir, jalan-jalan menjadi seperti membeku ditelan oleh Dunia Es. Semua gedung membeku, es tebal menyelimutinya semua pintu dan jendela membeku pada tempatnya. Harry kemudian bertemu satu-satunya jenis musuh di game ini Raw Shock, yang mengejar dia. Harry tidak memiliki pilihan selain melarikan diri dan setelah kabur dari dunia mimpi buruk, ia berhasil mencapai rumahnya di Levin Street dan semua pun kembali seperti semula, tidak diselimuti es. Sesi lain dengan psikiater dimulai, di mana Dr Kaufmann membahas rumah dan kehidupan keluarga dan meminta pemain untuk warna dalam gambar berjudul ‘Happy Family’. Sementara itu, Harry bertemu dengan (Mike dan Lucy Stewart) di dalam rumahnya yang tidak ia kenali. Ketika Harry meminta untuk bertemu Cheryl, pasangan ini berpendapat bahwa Cheryl tidak ada, dan ketika Harry mengklaim bahwa itu rumahnya, Lucy menyatakan bahwa tidak mungkin karena mereka telah tinggal di sana selama 14 tahun. Mike kemudian menutup pintu dan Cybil akhirnya tiba. Cybil mengakui bahwa, dilihat dari tanda pengenalnya bahwa alamat, segala sesuatu tidak cocok. Cybil kemudian membawa Harry bersamanya di mobil polisi ke kantor polisi untuk memperjelas semuanya.

Namun sebelum mereka dapat mencapai kantor polisi badai salju menghadang jalan dan Cybil meninggalkan Harry untuk menemukan lokasi mereka; Cybil tidak pernah kembali, jadi Harry meninggalkan mobil dan mengembara ke dalam hutan. Sementara menjelajahi pondok berburu di dekatnya, Cybil menelpon Harry untuk bertanya mengapa dia lari dan Harry menyatakan bahwa dia meninggalkan dia. Harry kemudian memutuskan untuk kembali ke Silent Hill dan menutup telponnya. Setelah memasuki dunia mimpi buruk sekali lagi Harry berlari menembus hutan dan danau(?) berlari diatas dinginnya dunia es atau dunia mimpi buruk itu, Harry mengikuti jalur yang membawanya menuju lapangan sepak bola SMA Midwich. Di sana, Cybil menelpon Harry sekali lagi, Harry mengatakan padanya bahwa saat itu sinyal telponnya buruk. Cybil mengarahkan Harry ke ruang olahraga SMA yang juga digunakan sebagai tempat berlindung saat badai salju sehingga ia dapat bertemu kembali dengan Harry. Harry mengerti bahwa Cheryl mungkin juga ada disana dan setuju untuk pergi kesana. Pada sesi ketiga kembali ke ruangan psikiater, Dr Kaufmann membahas kehidupan pemain di SMA.

Harry mengeksplorasi SMA Midwich, di mana ia bertemu seorang wanita bernama Michelle Valdez di dalam ruang olahraga sekolah. Michelle mengungkapkan kepada Harry bahwa ia pernah mengenal seorang Cheryl Mason yang dulu bersekolah di Midwich dan menunjukkan kepadanya sebuah foto sekolah nya. Meskipun gadis itu menyerupai putri Harry, Cheryl ini adalah orang dewasa dan bukan anak kecil. Harry dan Michelle masuk kantor kepala sekolah untuk mencari rekaman Cheryl dan dengan berbuat demikian, mereka menemukan bahwa mereka memang orang yang sama dan Cheryl pindah ke Simmons Street. Selama di dunia mimpi buruk, Harry menyadari bahwa Cheryl telah disiksa oleh teman-temannya di Midwich. Setelah mimpi buruk, Harry bertemu kembali dengan Michelle di luar sekolah.

Harry mengikuti Michelle ke The Balkan, klub malam tempat ia bekerja. Setelah meninggalkan Michelle di lantai bawah sementara Harry mencari kamar Michelle untuk mencari kunci mobil Michelle, ketika kembali ke lantai bawah ia menemukan seorang wanita muda mengenalkan dirinya sebagai Dahlia, ia sedang duduk di tempat tadinya Michelle duduk. Dahlia tampaknya terkejut dengan kebingungan, meskipun dia tidak tertarik cukup untuk menjelaskan sesuatu padanya. Dia mengatakan kepadanya bahwa ia datang untuk mengambil SUV yang diparkir di luar untuk membawa Harry ke Jalan Simmons dimana ia akan bertemu dengan Cheryl di alamatnya saat ini. Setelah mencapai jembatan di jalan melalui kota, Dunia Es kembali mucul, membekukan Dahlia dan kemudian jembatan itu sendiri, Jembatan itupun runtuh dan membuat SUV merosot ke sungai di bawahnya, menjebaknya kedalam es yang sedang membeku. Ketika Harry berjuang untuk melarikan diri Dahlia tetap diam membeku. Tergantung pada tindakan pemain, Harry dapat menghidupkan radio dan melarikan diri, atau tenggelam.

Kembali di kantor psikiater, Kaufmann berbicara kepada pemain tentang kematian dalam sesi keempat. Beberapa waktu kemudian Harry terbangun di Rumah Sakit Alchemilla, ia telah diselamatkan oleh Cybil. Dia memberitahu Harry peristiwa ia dialaminya tidak mungkin terjadi, dan CYbil menduga Harry pasti berenang di sungai dan mengingatkannya hal itu dpat membuatnya mati. Mimpi buruk lainpun terjadi, membekukan Cybil dalam pembicaraan mereka. Setelah Harry lolos dari dunia mimpi buruk, dia berjalan ke arah Lisa Garland, seorang perawat yang bekerja di Alchemilla yang telah terlibat dalam kecelakaan mobil. Harry memutuskan untuk menemaninya saat mereka berjalan ke apartemennya. Di dalam, Lisa meminta Harry untuk mengambilkannya beberapa obat-obatan dari kamar mandi untuk menghilangkan sakit kepalanya. Setelah Lisa tertidur Harry pun pergi. Namun Sebelum Harry bisa masuk Mall Toluca, Lisa menelepon dia, memohon bantuannya.

Ketika Harry tiba kembali di apartemennya, Lisa sekarang mati. Cybil muncul, menyuruhnya untuk diam. Sebelum mimpi buruk itu terjadi lagi, Cybil memberitahu Harry bahwa dia tahu bahwa dia bukan “Harry Mason”. Setelah satu urutan mimpi buruk lagi, Harry menemukan dirinya di dalam Mall Toluca. Setelah pencarian dari mall tersebut, Harry tiba di alamat Jalan Simmons di mana ia bertemu versi tua dari Dahlia yang ia temui sebelumnya. Dahlia mengungkapkan dua hal kepada Harry: pertama bahwa mereka menikah dan bahwa anak mereka Cheryl berada di mercusuar. Muncul kembali mimpi buruk itu membekukan dunia disekitarnya, dan Harry pun segera menemukan dirinya seperti di tempat yang bukan dimanapun. Setelah itu, Harry memasuki apa yang tampaknya menjadi kamar tidur Cheryl dan jatuh tertidur di tempat tidurnya.

Sementara itu di kantor psikiater, Kaufmann berbicara tentang pernikahan pada sesi keenam. Ketika Harry terbangun di kamar Cheryl, Michelle berada di sampingnya dan dia menawarkannya tumpangan ke mercusuar. Selama perjalanan mobil, argumen terjadi antara Michelle dan pacarnya, John, yang membuat mereka berdua meninggalkan mobil. Harry menemukan dirinya di saluran pembuangan dan kemudian Bar Annie. Di dalam bar Michelle memberitahu Harry bahwa ia putus dengan John dan dia dapat mencapai mercusuar menyebrangi danau Toluca menggunakan perahu yang dapat ditemukan di dermaga yang terletak di belakang taman hiburan.

Pada sesi ketujuh, Dr Kaufmann berbicara tentang seksualitas. Harry melewati taman hiburan pinggir danau dan menemukan sebuah perahu di dermaga. Di dalam, Harry menemukan Dahlia muda kembali dan meminta dia untuk membawanya ke mercusuar dan ia pun setuju. Dahlia menggoda Harry dan dapat diimplikasikan bahwa mereka berhubungan seks. Beberapa saat kemudian Harry terbangun di Dunia Es yang membekukan Dahlia lagi. Air danau telah berubah menjadi es dan Harry manuju mercusuar dengan berjalan di danau yang membeku beku. Raw Shock mulai mengejar Harry, tiba-tiba para Raw Shock membeku. Permukaan es danau berubah kembali menjadi air dan Harry pingsan saat berenang ke mercusuar.

Cybil berada di mercusuar di pantai dan dia menyelamatkan Harry sekali lagi, meskipun Harry menyambar dan mengambil pistolnya, mengatakan ia tidak akan membiarkan Cybil menghentikannya dari menemukan Cheryl. Cybil menyatakan bahwa dia tidak mengerti apa yang sedang terjadi, saat ia menunjukkan berkasnya, yang menunjukkan bahwa Harry Mason meninggal 18 tahun lalu dalam kecelakaan mobil. Cybil meninggalkan Harry dan dia masuk mercusuar, yang dalam kenyataan klinik Dr Kaufmann itu.

Saat ini ditunjukkan bahwa pasien Kaufmann sebenarnya adalah Cheryl Mason, yang kini berusia 25 tahun. Dr Kaufmann menjelaskan bagaimana Cheryl telah mati-matian menyimpan pada memori ayahnya, dan bahwa Harry yang dikendalikan pemain adalah perwujudan dari delusi Cheryl. Setelah penjelasan Kaufmann ini, 1 dari 3 percakapan bisa terjadi antara Harry dan Cheryl, diikuti dengan 1 dari 5 ending.

Ending

Harry memasuki kantor Dr K sementara dia berbicara dengan Cheryl tentang kematian Harry. Tergantung pada profil psikologi pemain, ada 3 kemungkinan bahwa percakapan Cheryl dengan ayahnya:

Yang pertama adalah dari dirinya mampu melepaskan memori menyakitkan dari kematian ayahnya, di mana dia menyatakan “Kau sudah bersama denganku begitu lama.” yang Harry menjawab, “Aku akan selalu.” Harry kemudian tersenyum dan membeku sepenuhnya dan hancur berkeping-keping, dan Cheryl menurunkan kepalanya.

Yang kedua adalah ia tidak memaafkan Harry atas apa yang dilakukannya ketika ia masih seorang anak dan menolak untuk membiarkan dia menyentuh bahunya. Sebagai tanggapan Harry mengatakan bahwa ia harus melupakannya, ia kemudian membeku sepenuhnya dan hancur berkeping-keping, dan Cheryl menurunkan kepalanya dan menangis. Percakapan ini diperoleh ketika pemain memperoleh “Drunk Dad” atau “Sleaze and Sirens” Akhiran.

Yang ketiga adalah dari dirinya yang delusional, di mana ia mengatakan ayahnya “Ayah kamu adalah seorang pahlawan. Pria yang meninggal itu bukan ayahku. Itu bukan kenagan yang saya ingat selama ini. Itu semua yang saya miliki -… Kamu adalah satu-satunya yang saya miliki. ” Harry menjawab “Aku bahkan bukan hantu.” Cheryl kemudian memeluk Harry dan menangis. Meskipun Cheryl senang, ia masih menimpan ayah fantasi dan delusi dalam benaknya.

Setelah percakapan Cheryl, ada 4 adegan rekaman video yang mungkin muncul, tergantung pada profil psikologi pemain:

Love Lost: Harry disebelah mobilnya dengan Dahlia, dan bersiap-siap untuk pergi. Dia berkata kepada Cheryl bahwa perceraian itu bukan salahnya. Dia mengatakan “kamu tahu ini tidak ada hubungannya dengan kamu, kan? Meskipun Ibu dan Ayah tidak saling mencintai lagi, kami berdua tetap mencintaimu dan kami selalu akan.” Hal ini dianggap sebagai akhir yang terbaik dari permainan. Akhir cerita ini dapat dilihat jika pemain tidak fokus pada gambar seksual atau obat-obatan, menceritakan Dr K bahwa mereka ramah (seperti dalam mengatakan Anda berteman dengan mudah atau bahwa ia tidak mengambil banyak waktu bagi orang untuk mengenal Anda ), dan menjadi orang baik pada umumnya.

Drunk Dad: Harry datang dlam keadaan mabuk di rumahnya dan mulai berteriak marah pada Cheryl. Akhir cerita ini menunjukkan bahwa ketika Harry masih hidup, alkoholisme membawa dampak negatif pada keluarganya. Akhir cerita ini dapat dilihat jika pemain berfokus pada alkohol dan narkoba lain (seperti pipa ganja, dispenser rokok dan Downers).

Sleaze and Sirens: Dalam perahu Orpheus, Harry berbaring di tempat tidur dengan Michelle dan Lisa. Mereka bertanya apakah mereka dapat dimuat dalam buku berikutnya dan dapat didedikasikan kepada mereka. Harry mengklaim bahwa dia mendedikasikan bukunya untuk istri dan anak perempuannya karena itu “adil”, dan tawa ketiga orang itu pun meledak. Akhir cerita ini menunjukkan bahwa ketika Harry masih hidup, ia mengkhianati istrinya. Akhir cerita ini dapat dilihat jika pemain berfokus pada gambar seksual (seperti poster dengan seorang wanita setengah telanjang) dan memberitahu Dr K bahwa mereka menikmati bermain peran selama melakukan kegiatan seks dan pernah mengkhianati pasangan. Jika pemain bertindak seperti cabul pada umumnya, maka kemungkinan besar pemain mendapatkan akhir cerita ini.

Wicked and Weak: Di rumah keluarga mereka, Dahlia terlihat menampar Harry tiga kali, menyebutnya tidak berharga dan menyedihkan. Akhir yang dapat dilihat jika pemain mengatakan bahwa Dr K bahwa mereka terlibat sedikit dalam persahabatan, yang berarti mereka tidak berteman dengan mudah, yang perlu waktu untuk mengenal mereka, dan topik terkait. Hal ini juga dapat dicapai dengan bertindak kasar pada orang, terganggu oleh hal-hal sepele, dan terlalu terpusat pada diri sendiri.

Selain itu, ada juga ending 5: Ending UFO. Akhir cerita ini hanya dapat dicapai pada Bermain kedua, di mana pemain berpartisipasi dalam pencarian foto dari 13 UFO tersembunyi di seluruh Silent Hill. Di akhir cerita ini, Cheryl percaya bahwa ayahnya diculik oleh alien dan bahwa Silent Hill dibangun di atas pesawat ruang angkasa raksasa.

GAMEPLAY

Profil Psikologi

Salah satu fitur utama gameplay baru untuk Shattered Memories adalah cara dunia bereaksi terhadap tindakan pemain, yang dikenal sebagai Profil Psikologi. Tindakan yang berbeda menghasilkan hasil yang berbeda, dalam cara yang lebih maju daripada tanggapan “baik atau buruk” yang telah lazim di sebagian besar permainan. Ini akan mempengaruhi aspek-aspek tertentu dalam permainan seperti bangunan apa yang akan terbuka atau tertutup, karakter yang akan ditemui, pakaian apa yang akan mereka pakai, dan variasi panggilan telepon dan pesan teks di telepon. Keputusan real time yang dibuat oleh pemain, seperti kamar kecil pertama yang mereka masuki dapat mempengaruhi permainan dalam banyak hal.

Selain itu ada saat pada awal permainan di mana karakter diberikan evaluasi psikiatri oleh psikiater. Mode disini player adalah sebagai orang pertama, dan pemain harus menjawab pertanyaan tentang kepribadian dan jiwa. Mereka bisa mengangguk atau menggelengkan kepala mereka dalam menanggapi pertanyaan. Selama permainan berlangsung pemain akan menemui banyak evaluasi psikiatri, banyak darinya yang tidak jelas, dalam satu urutan pemain diminta untuk mewarnai gambar sebuah rumah. Hampir semua keputusan pemain yang dilakukan selama bagian eksplorasi akan membantu menentukan elemen-elemen tertentu dan pertemuan tertentu dalam permainan.

Eksplorasi


Senter adalah barang yang berulang kali hadir di hampir semua game Silent Hill. Dalam Shattered Memories dengan efek visual ditingkatkan, dan dalam kasus Wii itu adalah bentuk utama dari interaksi fisik yang membantu untuk menjaga pemain tenggelam dalam permainan. Alih-alih menggerakkan stick analog controller untuk manuver senter, pemain secara fisik akan menggerakkan Wii Remote di sekitar.

Perubahan pada aspek eksplorasi dari game sebelumnya termasuk bahwa ketika Harry membahas sesuatu, ia merespon secara vokal merupakan yang pertama dalam seri. Meskipun permainan ini dilihat dari sudut pandang orang ketiga, kamera berada tetap di belakang Harry selama eksplorasi mirip dengan Resident Evil 4. Ada juga perendaman lebih dalam sistem HUD, karena bukannya beralih ke layar terpisah, Harry memegang telepon di tangannya sebagai gantinya. Layar loading juga benar-benar dihapus dalam permainan, dan loading ketika membuka pintu hampir selalu seketika.

Telepon

Harry memiliki ponsel gaya modern yang memiliki peran penting dalam permainan. Pemain dapat menggunakannya untuk memanggil nomor telepon yang dapat ditemukan pada poster, billboard, tanda, dll sepanjang perjalanan mereka. Pemain juga dapat menerima teks dan foto dari orang lain, termasuk kenangan dan pengalaman dari masa lalu. Biasanya, Harry mendengarkan rekaman mengungkapkan bahwa tidak semua sama menyenangkan seperti yang terlihat. Pada versi Wii, rekaman dan panggilan telepon juga bisa datang melalui speaker Wii Remote, dan pemain dapat menempatkan speaker di samping telinga mereka seperti saat menggunakan telepon.

Ponsel ini memiliki kamera yang dapat digunakan untuk mengungkap rahasia dengan mengambil foto lingkungan pemain yang dapat disimpan di sebuah galeri foto.

Telepon Harry memiliki peta Silent Hill dengan GPS (Global Positioning System) perangkat lunak yang memungkinkan pemain untuk menemukan posisi Harry. Waypoints dapat ditambahkan, dan pemain juga dapat menggambar pada peta.

Ponsel ini juga menggantikan radio dari game Silent Hill lain, memancarkan gelombang statis ketika Raw Shock berada di dekatnya. Saat menggunakan ponsel, pemain masih rentan terhadap serangan musuh, serta mampu bergerak. Ponsel ini satu-satunya cara untuk menyimpan permainan (saving).

Dunia Mimpi Buruk / Dunia Es

Untuk menambahkan aspek ketakutan dan ketegangan dari game ini, pertempuran telah sepenuhnya dihapus demi menghindari musuh selama urutan mimpi buruk. Tujuan dari dunia mimpi buruk adalah untuk menemukan pintu keluar dalam sebuah “labirin” seperti lingkungan sesegera mungkin sebelum Raw Shock mengalahkan Harry. Pada versi Wii speaker Remote Wii bertindak seperti radio memberikan gelombang statis pertanda kehadiran Raw Shock.

Pintu tertentu, pagar, lubang, dan beberapa objek lainnya yang Harry dapat berinteraksi dengannya disorot oleh cahaya biru seperti embun beku. Itu dimaksudkan untuk menunjukkan pemain bahwa mereka dapat pergi ke sana, mereka tidak boleh salah sebagai jalan menuju keselamatan.

Para Raw Shock mengejar Harry dan mencari dia; mereka mengejar dia melalui kamar, pagar, di bawah lubang dan menyeretnya keluar dari tempat persembunyian. Namun, ada sejumlah tindakan Harry yang bisa dilakukan untuk menghindari monster, seperti melompat melalui jendela, memanjat pagar, dan mendobrak pintu sementara berlari.

Jika Raw Shock menjadi terlalu dekat dengan Harry, ia akan melompat pada dirinya dan “memeluk” dia. Ketika Harry dipeluk oleh Raw Shock, pemain harus menggerakkan Wii Remote dan Nunchuk kearah dimana Raw Shock memeluk mereka (misalnya jika Raw Shock melompat ke Harry dari depan, pemain harus memindahkan Wii Remote dan Nunchuk keduanya pada saat yang sama ke depan.)

Pemain juga dapat merobohkan benda-benda tertentu, secara singkat menunda Raw Shock. Tempat-tempat tertentu seperti lemari dan bawah tempat tidur dapat digunakan sebagai tempat persembunyian untuk mencoba dan menghindari deteksi. Jika Harry terdeteksi, Raw Shock yang menemukan dia akan menjerit, mengingatkan Raw Shock terdekat, dan lanjut untuk merenggut Harry keluar dari persembunyian.

Selama setiap urutan mimpi buruk, pemain bisa menemukan satu atau dua suar mempertahankan diri sementara; panas dari suar berpengaruh negatif terhadap Raw Shock, memberikan Harry kekebalan selama sekitar 15-20 detik.

Jika “stamina” Harry rendah (ditandai dengan VHS-tape seperti efek pada layar dan dengan pincang Harry), Harry akan pingsan. Jika Harry runtuh, Harry akan kembali ke awal dari mimpi buruk sehingga pemain dapat terus mencoba kembali.

Rujukan website untuk petunjuk bermain
Walkthrough : http://www.gamefaqs.com/wii/959196-silent-hill-shattered-memories/faqs/58761

Sumber :
http://silenthill.wikia.com/wiki/Silent_Hill:_Shattered_Memories


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: